Home » , » Cut Off BOS Triwulan ke 2 Periode April Juni 2016

Cut Off BOS Triwulan ke 2 Periode April Juni 2016




Yth. Bapak/Ibu
1.  Kepala SMA/SMK
2.  Teman-Teman Operator Dapodik SMA-SMK di Seluruh Nusantara

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah Puji Syukur Kita panjatkan kepada Allah SWT, kita telah memasuki semester genap Tahun ajaran 2015/2016 serta memasuki triwulan ke-1 periode Januari - Maret 2016 penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Menengah dan menjelang cut off/pengambilan data untuk pencairan triwulan ke-2 periode April-Juni 2016 yaitu pada tangal 1 Maret 2016. Sehubungan dengan hal tersebut, setelah mencermati Juknis BOS SMA/SMK Tahun 2016 diketahui bahwa penyaluran dana BOS didasarkan pada ketentuan sebagai berikut:
1.       Triwulan ke-1 (Januari-Maret) didasarkan pada data Dapodik SMA-SMK tanggal 15 Desember tahun sebelumnya.
2.       Triwulan ke-2 (April-Juni) didasarkan pada data Dapodik SMA-SMK tanggal 1 Maret.
3.       Triwulan ke-3 (Juli-September) didasarkan pada data Dapodik SMA-SMK tanggal 1 Juni.
4.       Triwulan ke-4 (Oktober-Desember) didasarkan pada data Dapodik SMA-SMK tanggal 21 September.
Dalam rangka penyuksesan penyediaan Data Pendidikan Menengah untuk penyaluran BOS SM 2016 untuk Triwulan ke-2 (April-Juni), Tim Dapodik SMA-SMk telah melakukan pengaktifan referensi  Semester Genap 2015/2016. Dengan demikian sekolah telah dapat melakukan update untuk dapat login dan melakukan proses periodikal pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Secara teknis proses periodikal yang dapat dilakukan melakukan up date seluruh data pada semester Genap 2015/2016.
Selanjutnya, Kami mohon teman-teman operator dapodik SMA-SMK segera melakukan update data dengan beberapa langkah-langkah teknis sebagai berikut:
1.       Silahkan login ke semester Genap 2015/2016, kemudian melakukan proses update data.
2.       Update data sekolah.
Lakukan update data identitas sekolah dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data yang masih kosong dan edit data yang mengalami perubahan. Data pendukung Identitas sekolah meliputi: data periodik, sanitasi, blockgrant, Yayasan, Program pengajaran dilayani/Paket Keahlian dilayani/Jenis ketunaan, s/d akreditasi.
3.       Update data Sarpras
Lakukan update data sarana prasarana dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data ruangan yang belum masuk dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data kondisi ruangan di semester genap ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin semua data periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian kondisi ruangan yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melakukan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung sarpras meliputi: data sarana, buku dan alat.
4.       Update data PTK
Lakukan update data PTK dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data PTK yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung PTK meliputi: data Anak, bea siswa, buku yang pernah ditulis dan setersunya sampai dengan data riwayat jabatan fungsional.
5.       Update data Peserta Didik
Lakukan update data Peserta Didik dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data Peserta Didik yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data periodik di semester genap ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin Data Periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian periodik Peserta Didik yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melakukan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung Peserta meliputi: data prestasi, beasiswa.
6.       Update data Rombongan Belajar
Lakukan update data Rombongan Belajar, pada semester genap maka data rombongan belajar akan kembali kosong. Silahkan masuk menu “Lanjutkan Semester”  dan lakukan proses lanjutkan semester untuk seluruh rombongan belajar. Secara teknis setelah diklik menu “Lanjutkan Semester” maka ditampilkan form lanjutkan semester, pilih salah satu rombel dan klik tombol “simpan dan tutup” , lakukan satu persatu untuk seluruh rombel.
Apabila pada semester genap terjadi perubahan anggota rombel dikarenakan ada perpindahan siswa atau anggota setiap rombel diatur ulang, maka lakukan perubahan dengan prosedur mengeluarkan siswa yang pindah/dipindah dari rombel lama kemudian dimasukkan ke rombel yang baru.
7.       Validasi dan Sinkronisasi
Setelah semua proses update data di aplikasi Dapodi SMA-SMK (di komputer lokal) dilakukan maka proses selanjutnya adalah melakukan update data yang ada di manajemen Dapodik SMA-SMK (laman:dapo.dikmen.kemdikbud.go.id), yaitu dengan cara melakukan validasi dan sinkronisasi.
Secara umum langkah-langkah yang diuraikan di atas adalah proses teknis untuk melakukan update data pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK di Semester genap Tahun Ajaran 2015/2016, dimana dalam pelaksanaannya dapat menyesuaikan dengan proses periodikal di Sekolah.
Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih


 Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Satu Data,
Admin Dapodik SMA-SMK

sumber ;http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/detailBerita/2016-02-29/cut_off_bos_triwulan_ke_2_periode_april_juni_2016
Share this article :
 
Perkemahan Pramuka dilaksanakan di Waduk Gondang tanggal 17 Desember s/d 19 Desember 2016 || Libur Akhir Semester Ganjil Mulai Tanggal 20 Desember 2016 s/d 4 Januari 2017 || SMK Idhotun Nasyi'in membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2017/2018 mulai tanggal 1 Mei 2017 s/d 7 Juli 2017 ||Formulir Pendaftaran Peserta Didik Baru Bisa di DOWNLOAD DI SINI|| SMK Idhotun Nasyi'in Membuka dua jurusan baru yaitu Teknik Kendaraan Ringan dan Perbankan Syariah || bagi adik-adik siswa-siswi SMP/MTs persiapkan diri kalian untuk memilih jenjang pendidikan selanjutnya dengan biaya Murah dan pilihan jurusan terfaforit di dunia industri