Model pembelajaran induktif dirancang oleh para pakar psikologi
pendidikan untuk beberapa jenis tujuan pembelajaran. Tujuan pertama
penggunaan model pembelajaran ini adalah membantu siswa membangun
pemahaman mendalam tentang topik tertentu pada materi ajar. Yang kedua,
model pembelajaran induktif dapat digunakan untuk tujuan mengaktifkan
peran siswa dalam proses pembelajaran selama mereka membangun pemahaman
tadi. Jadi selama mereka belajar, mereka juga melakukan aktivitas /
kegiatan tertentu. Selain kedua tujuan tersebut, model pembelajaran
kooperatif juga dapat memberikan capaian pada tujuan: mengajarkan
keterampilan tertentu, meningkatkan rasa percaya diri siswa, dan membuat
mereka lebih memahami lingkungan sekitar.
Sementara itu, bila kita cermati lebih jauh, pada tujuan untuk mengajarkan pemahaman tentang suatu topik pada materi ajar (atau tujuan terkait konten), maka tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dapat diklasifikasikan sebagaimana bagan berikut:
Sementara itu, bila kita cermati lebih jauh, pada tujuan untuk mengajarkan pemahaman tentang suatu topik pada materi ajar (atau tujuan terkait konten), maka tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dapat diklasifikasikan sebagaimana bagan berikut:
Jenis-jenis tujuan pembelajaran dengan model pembelajaran induktif |
Demikian ulasan mengenai tujuan-tujuan pembelajaran yang dapai dicapai melalui penerapan model pembelajaran induktif di blog penelitian tindakan kelas (ptk) dan model-model pembelajaran ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang mungkin ingin/sedang mencoba menggunakan model pembelajaran ini di kelas, atau barangkali sebagai bahan bacaan saat anda melakukan penelitian tindakan kelas terkait model pembelajaran induktif. :)
SUMBER:http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2012/08/model-pembelajaran-induktif-tujuan.html